Senin, 10 Oktober 2011

MASALAH SOSIAL TENTANG PENGANGGURAN

Masalah pengangguran termasuk salah satu masalah sosial besar yang di hadapi oleh bangsa Indonesia. Setiap tahun angka pengangguran bertambah seiring dengan bertambahnya angka kelulusan di lembaga pendidikan. Hal ini tentu tidak bisa di anggap remeh, sebab dari sinilah bisa muncul ragam sosial yang lain di masyarakat.
Masalah pengangguran bukan di alami oleh bangsa Indonesia saja. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah seperti ini sebenarnya bukan masalah yang sulit. Sebab jika ada kemauan pasti pemerintah bisa melakukan tindakan yang nyata untuk mengatasi masalah ini. Caranya dengan melakukan studi banding dan belajar dari negara lain yang sudah mempu mengatasi masalah pengangguran seperti ini.
Di Indonesia sendiri masalah pengangguran di sebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya adalah krisis ekonomiyang menjadikan banyak perusahan harus melakukan rasionalisasi karyawan atau menutup usaha mereka di Indonesia. Salah satunya di lakukan oleh perusahaan elektronik Sony yang pada saaat ini memindahkan usahanya ke Vietnam.
Cara Mengatasi Masalah Pengangguran :
  1. Mengubah paradigma masyrakat untuk tidak bergantung lagi sebagai pencari kerja, mereka harus dididik untuk menjadi seorang pemyedia lapangan kerja dan menjadi seorang wirausaha.
  2. Mengubah konsep pendidikan indonesia untuk menciptakan lulusan yang sudah siap untuk masuk kedunia kerja dan bukan sekedar menguasai teori.
  3. Menciptakan program padat karya yang dipelopori oleh pemerintah.
  4. Memberikan subsidi untuk setiap aktivitas yang berbasis unit usaha masyarakat.
  5. Lebih meningkatkan porsi pendidikan kewirausahaan disetiap tingkat pendidikan.

 sumber :http://www.anneahira.com/masalah-pengangguran.htm

_

2 komentar:

  1. wah artikelnya bagus nih sob, bermnfaat bgt, mksih yah ats infonya dan sukses! :)

    BalasHapus
  2. Sama sama gan...terimakasih atas kunjungannya ya...:)

    BalasHapus